STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

Di dalam PP19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dinyatakan bahwa dalam rangka melakukan penjaminan mutu pendidikan, pemerintah menetapkan 8 standar nasional pendidikan. Delapan standar tersebut adalah standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Dinyatakan juga sekolah adalah ujung tombak penjaminan mutu pendidikan, sekolah wajib mencapai atau melampaui standar nasional pendidikan. Dengan demikian sekolah memiliki tugas untuk mengoperasiona dan perlu selalu mengukur kinerjanya dalam mencapai standar nasional pendidikan, antara lain dengan melakukan evaluasi diri sekolah.

4 thoughts on “STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

  1. adi

    Betul Ibu, EDS diperlukan sekali bagi sekolah untuk melihat kekurangan yang ada untuk selanjutnya diprogramkan pengadaan/perbaikannya. Trims

  2. admin Post author

    Terimakasih komentarnya, pak. Bagaimana implementasi EDS di sekolah bapak? Sudah selesai sampai penyusunan RKS?

  3. adi

    TPS di SMAS Darul Falah sudah berusaha menyelesaikan dan sudah kami kirim ke e-mail Ibu. Mohon koreksi atas kekurangan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
= 4 + 9